Logo
ANTUSIASME SISWA BAHASA DAPATKAN REKAN BELAJAR DARI JEPANG

Kategori : Sekolah
Dibaca : 65 Kali
Senin , 25 Juli 2022

Selasa (26/07), Program Bahasa SMA Nurul Jadid kembali mengadakan GUEST LECTURE bertajuk “Sharing Pengalaman Kuliah di Jepang”. 

Acara ini dilaksanakan melalui platform Zoom meeting pada pukul 10:00 WIB. Dihadiri oleh siswa program bahasa. Berbeda dengan Guest Lecture sebelumnya, narasumber merupakan orang Indonesia yang belajar di Jepang, kali ini orang Jepang yang pernah belajar di Indonesia. Namanya, “Taichi Mori”,  mahasiswa asal Kota Kobe, Jepang. 

Taichi (panggilan akrab), mengaku sangat menyukai Indonesia saat berlibur ke bali. Semasa SMA mengikuti pertukaran pelajar di Bali selama 8 bulan. 

Keterlibatan Taichi dalam Guest Lecture direspon positif oleh Kepala Sekolah SMA Nurul Jadid, Didik P. Wicaksono. Rasa terima kasih disampaikan karena bisa menemani siswa SMA Nurul Jadid dalam belajar Bahasa Jepang. Kedepannya beliau berharap, agar tidak hanya melalui moda zoom meeting, namun semoga dapat datang langsung ke SMA Nurul Jadid. 

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara, Ahmad Dzulhaq Akbar (XI IBB 1) dengan menggunakan bahasa Jepang. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan dari Kepala Sekolah SMA Nurul Jadid. 

Muhammad Khodir, M.Ed. sebagai penanggung jawab program Ilmu Bahasa dan Budaya di SMA Nurul Jadid turut mengapresiasi terealisasinya acara tersebut. 

Acara dilanjutkan dengan agenda saling tukar Informasi mengenai Jepang dan pengalaman Taichi selama di Indonesia. Taichi mengaku banyak hal yang membuat dia kaget berada di Indonesia. Seperti orang Indonesia yang sangat ramah, banyaknya kendaraan bermotor di Indonesia hingga toilet yang berbeda dengan Jepang. 

Pengalaman Taichi membuat siswa sangat tertarik. Banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan dan membuat suasana semakin seru. 

Pertanyaan para siswa beragam, dari kebiasaan makan dengan tangan dan sumpit, pengalaman wisata di Indonesia hingga Anime yang disukai Taichi. Para siswa sangat antusias karena mendapat rekan baru dari negara yang berbeda. Hal ini merupakan pengalaman baru bagi mereka karena tidak banyak orang yang memiliki kesempatan berinteraksi dengan orang luar negeri secara langsung. Taichi juga mengaku senang karena bisa berbagi kepada para siswa. Dia juga berpesan untuk umat muslim tidak perlu khawatir untuk datang ke Jepang. Di beberapa kota besar sudah tersedia masjid dan makanan halal. Kedepanya dia juga berharap hubungan kedua negara dapat lebih erat lagi.