Logo
INOVASI SMA NURUL JADID TAHUN 2020; SEKOLAH RUJUKAN DAN PENYELENGGARA SKS

Kategori : Sekolah
Dibaca : 2147483648 Kali
Jumat , 18 Desember 2020

PAITON- Sekolah Pelaksana SKS merupakan contoh inovasi. Berani menghadapi tantangan. Termasuk pula bagian dari jiwa kewirausahaan. Pernyataan ini muncul dari Penilai di sela-sela Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) yang dilaksanakan pada Kamis, (17/12/2020).

PKKS sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 yang terbatas pada sekolah negeri. Pada tahun 2020 ini baru dilaksanakan di sekolah swasta. Tentu, ditengah Covid-19 pelaksanaan PKKS di SMA Nurul Jadid sangat memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan PKKS berlangsung mulai pukul 12.30 sampai dengan 15.00 WIB yang dihadiri oleh unsur pimpinan, Kepala dan wakil kepala sekolah, Struktural sekolah, Koordinator Program dan beberapa guru senior di ruang galery.


Ruang galery atau ruang yang dipersiapkan sebagai tempat presentasi/penampilan beragam program dan prestasi. Baik prestasi siswa, tenaga pendidik maupun sekolah. Sekaligus tempat itu dipersiapkan sebagai ruang sekolah rujukan. Diantaranya rujukan sekolah penyelenggara Pendidkan bahasa Mandarin dan Pengelola media intenal (majalah) sekolah.

Kepala Sekolah, Didik P. Wicaksono, S.Sos., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur serta ucapan terimakasih pada semua struktural sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang telah mengabdikan diri di Pondok Pesantren dan sekolah ini dengan penuh rasa ikhlas, rasa memiliki dan bersungguh-sungguh.

"Tanpa dukungan mereka yang hebat ini Program Kerja Sekolah tidak mungkin berhasil", ungkapnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Penilai, Bapak Drs. Kholis Hasyim, MM. Adanya PKKS ini, maka program kerja dan kinerja Kepala Sekolah dapat dievaluasi sekaligus menjadi masukan program tahun berikutnya.

Dalam proses penilaian, penilai menggunakan instrumen penilaian mulai dari observasi, kuisioner/angket, pemeriksaan dokumen dan wawancara.

Angket berupa penilaian dari unsur guru, komite, laboran, siswa dan perpustakaan. Sedangkan wawancara dilakukan dengan sekaligus permintaan bukti fisik yang telah dijalankan selama satu tahun.

Di sela-sela Penilaian, Bapak Drs. Kholis Hasyim, MM menyampaikan bahwa SMANJ merupakan salah satu sekolah yang sudah tidak diragukan lagi untuk menghantarkan keberhasilan peserta didik.

"Sekolah ini harus bisa mempertahankan yang sudah dibangun dan bahkan harus lebih baik lagi untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Pertahankan dan laksanakan semua program, saya yakin dengan meningkatkan inovasi-inovasi SMANJ memiliki prospek ke depan yang jauh lebih baik.

Sebelum berakhir, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa adanya program PKKS yang pertama ini dapat membuat kita lebih bersemangat dan profesional dalam bekerja".

"Diakhir tahun pada bulan desember ini sekolah penting mengadakan kegiatan sosialisasi Program Kerja SMANJ tahun 2021 dengan mengundang stakeholder dari unsur dinas pendidikan, pengurus Yayasan Nurul Jadid, Biro pendidikan, Komite Sekolah, Dewan Guru dan Karyawan Perwakilan Wali murid dan siswa.

Tujuannya agar kegiatan sekolah mulai dari perencanaan, pengorganisasian, aktivitas dan pengawasan (controling) dapat terarah dan terukur.

Menutup kegiatan, Penilai sekaligus Pengawas Pembina Cabang Dinas Pendidikan Kab/Kota Probolinggo Jawa Timur, menyampaikan bahwa sistematika Progam Kerja 2020 yang bagus dapat dibakukan menjadi program tahun berikutnya. Humas_smanj.kdr)