Logo
LAUTAN AKAN AKU SEBERANGI UNTUK MENUNTUT ILMU : MUJAHHIDAH MANOR ASAL THAILAND MENEMPUH STUDI DI SMA NURUL JADID

Kategori : Sekolah
Dibaca : 80 Kali
Senin , 12 Juli 2021

SMA Nurul Jadid tidak hanya mampu Mengantarkan 13 Lulusannya ke Luar Negeri, ke Negara China dan Kairo Mesir, namun di tahun ajaran 2020/2021 ini juga sudah meluluskan peserta didiknya dengan pencapaian yang sangat baik terbukti dengan banyaknya dari mereka diterima dan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri baik lewat jalur Undangan Rapot SNMPTN (perguruan tinggi Negeri), SPAN_PTKIN (Perguruan Tinggi Keislaman Negeri), PMDK-PN (Politeknik Negeri), Kedinasan( STAN,IPDN, UNHAN,STIS dll), TNI-POLRI, serta Beasiswa ke luar Negeri. Di jalur test SBMPTN, UMPTKIN,UMPN serta mandiri, dan jalur undangan untuk perguruan tinggi swasta salah satunya adalah Universitas Nurul Jadid ( UNUJA ), yang berada di Lingkungan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton.

Tidak mudah memperoleh kepercayaan dari negara luar untuk mengantarkan peserta didiknya meraih cita-citanya, oleh karena itu kesempatan dan kepercayaan itu tidak disia-siakan oleh SMA Nurul Jadid, dengan berhasilnya satu siswa lulus dengan predikat baik membuktikan bahwa SMA Nurul Jadid sangat bertanggungjawab dalam menjalankan amanah yang sudah diberikan oleh wali santri baik luar maupun dalam negeri dengan baik.

Dari 397 peserta didik yang lulus tahun ini terdapat 1 siswi yang berasal dari luar negeri tepatnya berasal dari Negara Thailand, sungguh merupakan suatu penghargaan yang luar biasa bagi SMA Nurul Jadid.

Mujahhidah Manor adalah siswi dari Thailand yang menempuh pendidikan di SMA Nurul Jadid dan memilih masuk di program bahasa. Ketika di pondok pesantren Nurul Jadid dia ditempatkan di asrama LPBA, dimana asrama tersebut khusus bagi siswa dan siswi untuk mendalami ilmu bahasa. "Aneh dengan budaya dan suasana baru tentu dialaminya, butuh waktu untuk beradaptasi dari awal tetapi alhamdulillah gurunya humbel dan teman-temannya juga asik" ulasnya. Yang membuat Mujahhidah terus fokus untuk belajar adalah terinspirasi dari teman-teman dan gurunya, Mujahhidah merasa sangat nyaman bersekolah di SMA Nurul Jadid karena mendapatkan ilmu baru.

Di dalam sistem pembelajaran yang di terapkan di SMA Nurul Jadid sesuai kurikulum K 13, semua siswa dan siswi mudah memahami mata pelajaran yang mereka tempuh selama 3 tahun, dan mempunyai nilai yang baik termasuk Mujahhidah Manor, dengan bekal inilah dia melanjutkan studinya ke Universitas Sains Of Malaysia dan sekaligus menambah jumlah siswa dan siswi yang diterima di luar negeri dari 13 siswa menjadi 14 siswa, kesukaan dan kemahirannya dalam berbahasa inggris menjadi pintu gerbang baginya untuk memilih program studi Bahasa Inggris.

Kesan yang disampaikan Mujahhidah selama dia menuntut ilmu di SMA Nurul Jadid, dia mengatakan bahwa SMA Nurul Jadid luar biasa dan memberikan pengalaman yang positif. Pesan untuk adik-adik tingkatnya agar tetap semangat rajin belajar mendalami ilmu yang ada di SMA Nurul Jadid dan pondok pesantren Nurul Jadid. Sementara itu Bapak Didik P. Wicaksono, S.Sos., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMA Nurul Jadid mengungkapkan bahwa hal di atas sesuai dengan moto sekolah yakni, global challenge, national interest, dan local wisdom. Beliau berharap tahun depan bisa kembali menerima siswa dari luar negara khususnya Asia Tenggara agar bisa sekolah di SMA Nurul Jadid dan mondok di pesantren Nurul Jadid, karena di dalamnya ada trilogi dan panca kesadaran santri yang berlaku secara universal untuk semua kalangan santri yang berada di bawah naungan pondok pesantren Nurul Jadid. Sehingga SMA Nurul Jadid boleh disebut sekolah internasional karena outputnya banyak ke Cina dan Timur Tengah sedangkan inputnya dari Malaysia, Thailand dan Singapura.

(pewarta : Very Lanza, S.Pd.)