Logo
MENGGAPAI CITA- CITA BERSAMA SMA NURUL JADID

Kategori : Sekolah
Dibaca : 82 Kali
Rabu , 30 Juni 2021

Menggapai cita-cita adalah impian segenap orang terutama siswa tingkat SMA. Pada usia ini mereka sudah digolongkan sebagai remaja tingkat atas dan mulai belajar memiliki tanggung jawab atas langkah yang dipilih. dalam sudut pandang Psikologi usia-usia ini juga berada pada fase belajar dan keingintahuan yang sangat tinggi. Tak urung terkadang mereka bimbang dalam menentukan langkah apa yang seharusnya diambil setelah lulus dari SMA. Setali dengan hal tersebut SMA Nurul jadid menyiapkan program yang dilaksanakan oleh Bimbingan dan Konseling (BK) yang disebut sebagai program pendampingan Studi Lanjut bagi siswa. Pendampingan Studi lanjut merupakan program optimalisasi  dan pemetaan potensi siswa sesuai bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa baik itu di dunia perguruan tinggi serta dunia kerja. Siswa/siswi disiapkan untuk dapat merencanakan langkah yang akan ditempuh setelah proses belajar di sekolah selesai. Menurut Kepala sekolah SMA Nurul Jadid Bapak Didik P. Wicaksono, S,Sos., M.Pd., “Progam pendampingan studi lanjut  merupakan optimalisasi peran Bimbingan dan Konseling dari aspek karier untuk menjadi prioritas, dan BK tidak berkutat pada aspek konseling saja, akan tetapi juga menyiapkan peserta didik untuk mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat  serta cita-cita yang terukur”. Hal ini juga diamini oleh salah satu konselor di SMA Nurul Jadid, Bapak Miftahul Huda, S.Pd. beliau mengungkapkan bahwa “Pendampingan studi lanjut merupakan salah satu program BK yang menyiapkan peserta didiknya untuk menata karier sesuai potensi dan minat”. Pendampingan studi lanjut diperuntukkan bagi semua siswa SMA Nurul Jadid baik kelas X, XI dan XII, namun pada periode pelaksanaan bulan November-April diberikan secara khusus bagi peserta didik kelas XII.

Menurut kepala Sekolah SMA Nurul jadid Program Pendampingan ini tidak hanya dilakukan oleh Konselor saja, akan tetapi semua pihak wajib terlibat sesuai fungsi dan peranannya. Contoh Guru Mata pelajaran bisa memetakan dan memberi bekal tentang akses pendidikan lanjut kepada siswa dan kemudian Bk dan walas  bisa mengukur potensi siswa antara cita-cita dan kemampuan serta informasi keluarga dan lain-lain. Karena tugas sekolah mempersiapkan peserta didik baik dari sisi akademik maupun non akademik untuk siap melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Seluruh komponen sekolah, dari sisi kurikulum, kesiswaan, sarana dan humas mendukung dan mengoptimalkan capaian tersebut. Termasuk cita-cita melanjutkan ke Perguruan Tinggi di Pesantren (Pondok Pesantren Nurul Jadid) yaitu Universitas Nurul Jadid (UNUJA) yang siap mengantarkan Mahasiswanya untuk meraih cita-citanya. Diakhir penjelasannya Bapak Kepala Sekolah menyampaikan pada dasarnya kuliah dimana saja semua tergantung pada kesungguhan dan niatan dalam hatinya.

Pada pendampingan ini siswa bisa memilih perguruan tinggi yang diminati baik negeri atau Swasta. Adapun beberapa jalur pilihan yaitu, jalur Undangan Rapot SNMPTN (perguruan tinggi Negeri), SPAN_PTKIN (Perguruan Tinggi Keislaman Negeri), PMDK-PN (Politeknik Negeri), Kedinasan( STAN,IPDN, UNHAN,STIS dll), Akademi Bintara dan Polisi, serta Beasiswa ke luar Negeri. Di jalur test SBMPTN, UMPTKIN,UMPN serta mandiri, dan jalur undangan untuk perguruan tinggi swasta salah satunya adalah Universitas Nurul Jadid ( UNUJA ), yang berada di Lingkungan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton.

Alhamdulillah, untuk tahun ini SMA Nurul jadid dapat mengantarkan peserta didik nya studi lanjut ke berbagai perguruan tinggi baik di dalam dan luar negeri seperti  China dan mesir jalur beasiswa, serta beberapa siswa telah melaksanakan seleksi akhir untuk sekolah ikatan dinas dan beberapa telah dinyatakan lulus  sebagai mana yang disampaikan oleh M. Abdi Ilyas yang telah dinyatakan lulus dan mulai menjalani pendidikan di Universitas Pertahanan  jurusan Teknik Mesin Militer Kementrian Pertahanan.

Tak kalah membanggakan  SMA Nurul jadid juga telah mengantarkan peserta didiknya ke perguruan tinggi negeri baik melalui jalur Undangan SNMPTN, PMDK PN serta SPAN PTKIN dan jalur test SBMPTN.

Besar harapan para alumni dan peserta didik  agar program pendampingan ini terus terlaksana dan semakin baik sehingga membantu peserta didik dalam menggapai mimpi yang telah diasakan. Sebagaimana yang disampaikan salah satu alumni SMA Nurul jadid tahun 2021 Icha Khadiqotur rahma “layanan pendampingan Studi lanjut ini sangat bermanfaat bagi siswa, memberikan info-info penting terkait studi lanjut serta berbagai lini mendukung terlaksananya sehingga kami siswa-siswi SMA Nurul jadid tidak bimbang dan ragu dalam menentukan langkah apa yang akan kami pilih, serta layanan ini juga mengajarkan kita belajar bertanggungjawab atas pilihan kita dengan belajar sungguh-sungguh. Semoga kedepannya SMA Nurul jadid selalu memberikan yang terbaik serta kami alumninya juga mampu mendedikasikan prestasi yang baik untuk SMA Nurul jadid” tak lupa para alumni menghaturkan doa dan ucapan terimakasih kepada segenap dewan guru serta tenaga kependidikan atas dedikasi, doa dan bantuan yang telah diberikan pada peserta didik. (Pewarta: Zakiyatus Sholihah, S.Pd.I)