Logo
PERANAN GURU SANGAT PENTING DALAM MEWUJUDKAN VISI DAN MISI PONDOK PESANTREN

Kategori : Sekolah
Dibaca : 2147483648 Kali
Sabtu , 05 Juni 2021

"Peranan Guru Sangat Penting Dalam Mewujudkan Visi dan Misi Pondok Pesantren" demikian sambutan Kepala Biro Pendidikan, Pondok Pesantren Nurul Jadid, Dr.KH. Mahfud Faqih, M. Si., dalam Rapat bulanan SMA Nurul Jadid di auditorium SMA Nurul Jadid lantai 2. 

Lebih jauh, KH. Mahfud menyampaikan Guru harus meningkatkan profesionalisme dalam membimbing minat dan bakat siswa. Dituntut pula lebih mandiri, kreatif, kritis dan inovatif menyiapkan generasi siap bersaing di era abad 21 atau era 4.0, 5.0 dan seterusnya, yang banyak terjadi fenomena disrupsi. 

Sejak masuk ke Pesantren, walimurid sudah memberikan amanah dan guru wajib menunaikan amanahnya. Penting pula guru mempersiapkan peserta didik dengan penguatan karakter baik (PKB).

Sementara Kepala Sekolah SMA Nurul Jadid, Didik P Wicaksono, S.Sos., M.Pd, diawal sambutannya menyampaikan tiga program utama. Yaitu (1) Integrasi Sekolah dan Pesantren, (2) Sekolah Unggulan, Sekolah Penggerak (Internal dan eksternal) dan Sekolah Pelaksana SKS, (3) Efesiensi dan efektivitas pengelolaan anggaran. SMA Nurul Jadid harus bisa meningkat prestasi akademik atau non akademik, sehingga peserta didik bisa bersaing di masa depan. 

Sedangkan Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (Kabid GTK), KH. Fathorrosi, M.Pd menambahkan makna sekolah penggerak yang harus dimulai dari internal sekolah sendiri, melalui Kepala Sekolah dan Guru dalam proses-proses pembelajarannya, tidak hanya transfer pengetahuan, namun juga menjadi contoh.

Dipengujung rapat dilanjutkan dialog interaktif  antar pengurus Biro Pendidikan dan warga sekolah dan ditutup dengan doa.