Logo
RAIH PRESTASI: PESERTA DIDIK SMA NURUL JADID MENGGAPAI DUA BENUA

Kategori : Sekolah
Dibaca : 2147483648 Kali
Kamis , 24 Juni 2021

Masa pandemi tak menghalangi semangat belajar peserta didik SMA Nurul Jadid. Alhamdulillah, 13 lulusan SMA Nurul Jadid meraih prestasi terbaik untuk melanjutkan study di benua Asia dan Afrika. Ghulam Frisky Yuhib Paradise penerima beasiswa kemenag yang akan belajar di Universitas Al-Azhar Mesir. Sedangkan Yuwan Salsa Belida bersama 11 teman lainnya akan berangkat ke Cina dan belajar di beberapa kampus berbeda, antara lain Sun Yat-Sen Univeristy, An Hui University, Wuyi University, Quang Xi Normal University, Shanghai Normal University, dan Ningxia University.

Perjalanan meraih beasiswa tersebut disiapkan beberapa bulan sebelum kelulusan, mengingat ada beberapa tahap tes yang harus mereka jalani. Kesuksesan alumni SMA Nurul Jadid sejak era Novi Basuki (2010) dan kemajuan negeri Cina dalam aspek pendidikan, teknologi, dan ekonomi menjadi salah satu motivasi terbesar peserta didik SMA Nurul Jadid untuk belajar ke sana. “Cita-cita belajar ke negeri tirai bambu sudah saya niatkan dan dipersiapkan sejak kelas X.

Mendapatkan beasiswa sangat saya harapkan agar bisa kuliah tanpa membebani orang tua”, aku Yuwan. Di tahun yang sama, hal yang tak kalah membanggakan untuk pertama kalinya alumni SMA Nurul Jadid lolos beasiswa ke Mesir. Alumni yang akrab disapa Paradise tersebut, insyaallah berangkat bulan Desember ke Mesir dan belajar di jurusan ilmu al-quran dan hadits. “Karena Mesir khususnya kampus Al Azhar menjadi pusat pembelajaran agama islam dan ulama-ulama besar yang bijaksanapun terlahir dari kampus tersebut Bu, jadi dengan niat bismillah dan niat yg benar insyaallah saya ingin sekali belajar di sana untuk memperbanyak ilmu agama Islam”, ungkap santri yang pernah menetap di wilayah ar-rumi semasa di pesantren saat ditanya mengapa memilih Al-Azhar.

Besar harapan para alumni kepada seluruh peserta didik SMA Nurul Jadid agar tekun belajar dan berdoa, serta meluruskan niat sejak dini. Prestasi tak dapat diraih tanpa usaha keras dan semangat, serta hal penting yang tak boleh diabaikan adalah ridlo kedua orang tua dan guru. Tak lupa mereka mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh civitas akademika SMA Nurul Jadid yang telah memberikan dukungan, ilmu, dan doa yang sangat berharga. Harapan terbesar agar seluruh guru senantiasa mendoakan kesuskesan mereka dalam urusan dunia dan akhirat, hingga kelak dapat menularkan manfaat kepada sesama.

Menurut bapak Didik P. Wicaksono, S.Sos., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMA Nurul Jadid hal di atas sesuai dengan moto sekolah yakni, global challenge, national interest, dan local wisdom. Beliau menyampaikan, “alumni SMA Nurul Jadid yang kuliah ke luar negeri bagian dari upaya sekolah menjawab tantangan global. Harapannya kelak bisa membawa manfaat bagi negara Indonesia dan di sana tetap dapat merawat kearifan lokal nilai-nilai kepesantrenan.” (Penulis : Dwi Oktaviana Jamil, S.Pd.)