Logo
SMA NURUL JADID GELAR ZOOM MEETING; INILAH SAMBUTAN LIVE KEPALA SEKOLAH DARI BEKASI JAWA BARAT

Kategori : Sekolah
Dibaca : 2147483648 Kali
Senin , 21 Desember 2020

SMA NURUL JADID Mengoptimalkan pemanfaatan kemajuan tekhnologi. Kali ini Program Bahasa SMA Nurul Jadid dengan mantap berkolaborasi bersama Tim ICT Pesantren Nurul Jadid mengadakan kegiatan online (live) yang melibatkan sekolah setingkat SLTA (SMA/SMK/MA) se Kab/Kota Probolinggo dan wilayah Madura bahkan sampai wilayah Kabupaten Langsa Aceh Timur.
Kegiatan itu di kemas dalam Zoom Meeting dengan Topik "Pemberian Beasiswa dan Pengenalan Kampus di Tiongkok"

Pemberian beasiswa prestasi itu buah Kerjasama SMA Nurul Jadid dengan Confucius Institute Universitas Negeri Malang yang sudah berlangsung selama empat tahun. Setiap tahun ada beasiswa yang diberikan kepada siswa SMANJ, baik beasiswa prestasi selama studi di SMA Nurul Jadid maupun beasiswa studi ke Tiongkok.

Kegiatan tersebut dilaksanakan hari senin tanggal 21 Desember 2020 pukul 09.00 - 11.30 wib. yang bertempat di gedung Galery SMA Nurul Jadid.

Kepala Sekolah SMA Nurul Jadid Bapak Didik P. Wicaksono, S.Sos., M.Pd. tidak bisa hadir langsung di Gedung Galery. Sebab pada saat bersamaan ada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Sekolah dengan Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Menengah Kementerian dan Kebudayaan Jakarta.

Kepala Sekolah dapat memberi sambutan dari Bekasi jawa barat secara online(live)

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Nurul Jadid Bapak Didik P. Wicaksono, S.Sos., M.Pd. berharap informasi beasiswa ke Kampus Tiongkok bisa di akses pula oleh lembaga-lembaga lainnya di Kab/Kota Probolinggo bahkan oleh seluruh lembaga se-Nusantara.

Sedangkan Direktur Confucius Institute Universitas Malang Ibu Liao Guirong menyampaikan dalam bahasa mandarin yang intinya beliau berharap siswa/i SMA Nurul Jadid yang menerima beasiswa harus lebih punya semangat lagi untuk belajar, sedangkan bagi yang belum menerima juga harus tetap semangat belajar agar sama-sama maju. Dipenghujung sambutannya beliau berorasi "Semangat Nurul Jadid Semangat Indonesia".

Setelah acara seremonial penyerahan beasiswa oleh waka kurikulum (Didik Rahwiniyanto, S.Si., M.Pd.) dilanjutkan dengan kegiatan webinar yang dipandu oleh moderator Syamsul Hadi, M.S, Guru Bahasa Mandarin SMA Nurul Jadid.

Narasumber pertama dari staff Confucius Institute Universitas Negeri Malang (A ning) memaparkan tentang beasiswa Confucius Institute oleh Confucius Institute mulai dari S1 (Strata satu) sampai S3 (Doktoral). Selain itu juga short course 1 semester dan 1 tahun belajar.

Narasumber kedua dari Guangxi Normal University (Guo Xiaoxian) yang sekarang sedang menempuh pendidikan pascasarjana pembelajaran bahasa mandarin untuk penutur asing. Beliau berbagi pengamalan belajar dan trik belajar bahasa mandarin. Beliau menyampaikan hal terpenting dalam belajar adalah semangat yang harus dipupuk, disamping itu juga adalah psikologi kita disaat mengikuti lomba.

Narasumber ke tiga dari Guangxi Normal University (Liu Zhihan) yang sekarang sedang menempuh pendidikan pascasarjana pembelajaran bahasa mandarin untuk penutur asing. Beliau berbagi pengamalan tentang kehidupan sehari-hari di kampus, mulai dari proses  pembelajaran di kampus dan kehidupan asrama juga. Selain itu beliau juga memperkenalkan Persatuan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT). PPIT tersebut sangat membantu kita saat di Tiongkok.

Narasumber terakhir dari Guangxi Normal University (Su Feiya) yang sekarang sedang menempuh short course 1 tahun bahasa mandarin. Beliau berbagi pengalaman bagaimana pendaftar beasiswa Confucius Institute. Beliau juga menyampaikan persyaratan apa yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan rekomendasi dari professor.