Logo
SMA NURUL JADID MEMORANDUM OF AGREEMENT (MOA) DENGAN 2 FAKULTAS UNESA 

Kategori : Sekolah
Dibaca : 2147483648 Kali
Senin , 20 Juni 2022

Upaya peningkatan mutu pendidikan di SMA Nurul Jadid (SMANJ) diantaranya menjalin kerjasama atau kolaborasi dengan berbagai pihak. Kolaborasi penting dalam menghadapi tantangan pendidikan yang semakin kompleks. 

Pada pertengahan tahun 2022 atau menyongsong tahun pelajaran baru (Juli) SMANJ memperluas jalinan kerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jumat, 17 Juni 2022 SMANJ menjalin kerja sama dengan 2 (dua) Fakultas UNESA. Yaitu Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 

Prosesi kerjasama diinisiasi langsung oleh Didik P. Wicaksono, S.Sos., M.Pd (Kepala Sekolah), Moch. Kadarusman, S.Pd (Waka humas) Didik Rahwiniyanto, S.Si., M.Pd (Waka Kurikulum) dan Muhammad Khodir, M.Ed (Guru Bahasa Mandarin dan sebagai Penjab. Bahasa).

Tepat pukul 09.30 WIB, kami tiba di kampus FBS gedung T14 lantai 4 dekanat, dalam pertemuan disambut oleh Dekan FBS, Ibu Dr. Trisakti, M.Si., Wakil Dekan Bidang Akademik Ibu Dr. Mintowati, M.Pd., Kaprodi Bahasa dan Sastra Mandarin Bapak Dr. Anas Ahmadi, M.Pd., Kaprodi Bahasa dan Sastra Jepang Bapak Didik Nurhadi, M.Pd., MA, Ph.D., Kaprodi Bahasa dan Sastra Jerman Ibu Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd., Sekprodi Seni Rupa Ibu Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd., Sekretaris Kerjasama FBS Ibu Tiffany Qorie, S.S.

Prosesi acara dipimpin Mintowati sebagai moderator, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan profil singkat FBS oleh Ibu Dekan. 

"Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan SMA Nurul Jadid. Ini adalah bagian dari pengabdian masyarakat. FBS terdiri dari 14 fakultas yang terdiri dari 9 fakultas bahasa dan 5 fakultas seni," Tutur beliau dalam sambutannya.

Pengenalan profil SMANJ oleh bapak Didik. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan yang luar biasa ini.

"Bahasa mandarin di SMANJ dikembangkan mulai tahun pelajaran 2004-2005. Sejak tahun 2010 kami mengantarkan siswa lanjut studi ke Tiongkok. Bahasa yang sudah berkembang relatif baik adalah bahasa Arab dan Inggris. Beberapa tahun terakhir kami mengembangkan bahasa Jepang. 

Sesuai dengan kurikulum merdeka, di SMA sudah tidak ada lagi program penjurusan, maka bahasa menjadi penting di kembangkan di Sekolah. Kami juga mengembangkan Sekolah Riset (SR) dan Sekolah Berbasis Riset (SBR) dengan tujuan mempersiapkan peserta didik yang memiliki jiwa peneliti. 

Selanjutnya dalam acara diskusi Ibu dekan menyampaikan tanggapannya, "Program ini bagus sekali, bisa memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat sesuai potensi yang dimilikinya. 

Disisi lain Bapak Anas menyampaikan bahwa "Kami siap membantu program SMANJ untuk mengembangkan potensi peserta didik dalam bidang bahasa mandarin meliputi promosi, pendampingan dalam riset dan penugasan mahasiswa."  

Setelah selesai shalat jumat, kami melanjutkan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNESA lantai 2 auditorium dekanat. Kami disambut langsung oleh Bapak Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si.  sebagai dekan fakultas FEB. Turut hadir pula Bapak Dr. Luqman Hakim, S.Pd., M.SA. sebagai kaprodi Pendidikan akuntansi, bapak Riza Yonisa Kurniawan, S.Pd., M.Pd., sebagai kaprodi Pendidikan ekonomi, Bapak Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., M.SM., sebagai kaprodi Pendidikan tata niaga, Bapak Triesninda Pahlevi, S.Pd., M.Pd. sebagai kaprodi Pendidikan administrasi perkantoran. 
 
Bapak dekan terlebih dulu memperkenalkan profil FEB dalam paparannya “Kami sangat senang bisa silaturahmi dengan SMANJ Jadid pada sore ini. 

FEB memiliki  4 (empat) program studi antara lain Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Tata Niaga dan Pendidikan Administrasi Perkantoran yang masing-masing memiliki keunggulan di bidangnya”. 

Selanjutnya Didik P. Wicaksono memperkenalkan profil SMA Nurul Jadid, “Sekolah kami berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid (PPNJ). Sebelum berlaku kurikulum baru, sekolah kami memiliki 3 (tiga) program peminatan antara lain MIPA, Sosial dan Bahasa. Pada kesempatan ini, kami memperkenalkan program peminatan sosial. Peminatan tersebut memiliki program keunggulan diantaranya adalah persiapan olimpiade sains nasional (OSN), entrepreneurship dan membatik. Guru di tempat kami ada beberapa yang menjadi guru penggerak dan sekolah kami juga sudah sampai ke tahapan 3 sebagai sekolah penggerak. 

Seiring dengan implementasi kurikulum merdeka salah satu hal yang kami lakukan adalah dengan menjalin kerjasama dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan dengan institusi/lembaga yang memiliki kompetensi sesuai dalam bidangnya. FEB UNESA menjadi salah satu pilihan kerjasama kami.

Bapak Luqman kajur Pendidikan akuntansi memberikan tanggapan “Kami siap kerjasama. Saya termasuk Pelatih Ahli Sekolah Penggerak yang mendapat tugas melatih sekolah penggerak di Madura. Sangat baik dalam mengembangkan SMANJ. Dalam pembinaan OSN, kami punya pengalaman membina siswa dan guru dalam ajang OSN di sekolah binaan kami". 

Menambahkan bapak Tri Sudarwanto kajur Pendidikan ekonomi “Kami rasa SMANJ sudah selaras dengan kurikulum merdeka".

Bapak Didik rahwiniyanto waka Kurikulum memberikan tanggapannya “SMA Nurul Jadid 3 (tiga) tahun terakhir ini telah mengembangan Sekolah Riset (SR) dan sekolah Berbasis Riset (SBR). Harapan kami peserta didik memiliki pengetahuan dan pengalaman riset, serta menjadi bekal di perguruan tinggi. Demikian juga dengan guru-guru yang diwajibkan membuat satu karya yang kami sebut SAGUSAKA. Baik berupa penelitian tindak kelas (PTK) atau inovasi pembelajaran (Inobel) untuk mencari solusi permasalahan pembelajaran dan lain-lain”

Di akhir acara penandatangan nota kesepahaman (MoA) antara Dekan FEB dengan kepala SMA Nurul Jadid, dilanjutkan dengan foto Bersama dengan didepan Gedung dekanat.

Pewarta : Muhammad khodir