Logo
SMA NURUL JADID TERUS BERGERAK DAN SEMAKIN JAYA

Kategori : Sekolah
Dibaca : 2147483648 Kali
Sabtu , 13 Maret 2021

Evaluasi hasil belajar adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengukur ketercapaian siswa dalam belajar. Oleh karena itu SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo menyelenggarakan beberapa evaluasi belajar yang meliputi : 
1. Ujian Tulis internal lembaga yang
    biasa dikenal dengan nama Ujian
    Satuan Pendidikan (USP)
2. Ujian Praktikum Rumpun Terpadu
     Meliputi :
     a. IPA Terpadu (Natural science)
     b. IPS Terpadu (Social Science)
     c. BAHASA Terpadu (Humaniora)
3. Ujian Keagamaan berkaitan
    dengan Furudul Ainiyah
4. Ujian Tulis Evaluasi Hasil Belajar
    Berbasis Komputer dan
    Smartphone (EHB BKS)

Kali ini salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan evaluasi telah berhasil dilaksanakan dengan baik oleh SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo yaitu ujian praktikum rumpun terpadu. Disepanjang sejarah lembaga ini, Kegiatan ujian praktikum kali pertama kita kemas dalam bentuk penelitian pada tahun pelajaran 2020-2021.

Kegiatan ini diikuti oleh Seluruh siswa/siswi semua program jurusan yang berjumlah 399 siswa.
Selama kurun waktu 1 bulan penuh layaknya di perguruan tinggi dalam melakukan penelitian dalam menyusun skripsi  peserta didikpun  dalam melakukan penelitian melakukan hal yang sama, tentu dengan pembinaan melalui bimbingan oleh pembimbing yang ditunjuk oleh sekolah.

Selanjutnya tepat pada tanggal 10-11 maret 2021 seluruh peserta didik kelas XII semua program wajib mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya dengan mempresentasikan di depan dewan penguji yang terdiri dari ketua penguji, anggota penguji serta pembimbing. Selain itu ada beberapa peserta yang masih berada di rumah blum bisa kembali ke pesantrenpun melaksanakan presentasi hasil penelitiannya secara virtual melalui zoommeeting.

Dihari pertama pelaksanaan sidang ujian praktikum tanggal 10 Maret 2021 koordinator pengawas DIKMEN Provinsi Jawa Timur untuk wilayah Probolinggo, Bapak Drs. Kholis Hasyim, MM. Hadir untuk melakukan visitasi Ujian praktikum. Beliau sangat mendukung kegiatan ini. "Kegiatan ini bagus sekali dan patut ditiru oleh lembaga lain baik di dalam maupun di luar Yayasan Pondok Pesantren Nurul Jadid, Kembangkan terus semoga ke depan semakin baik... Aamiin". Ungkap beliau disela percakapannya.

Kepala sekolah SMA Nurul Jadid Bapak Didik P. Wicaksono, S.Sos., M.Pd. juga menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang akan mengantarkan SMA Nurul Jadid dalam rangka mensukseskan program yang sedang dicanangkan yaitu :
 1. Integrasi antar sekolah dengan pesantren.
 2. Menjadi sekolah unggulan, baik dalam segi performans, pelayanan dan prestasi.
 3. Menjadi sekolah penggerak, dan
 4.  Menjadi sekolah penyelenggara SKS.

Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses, semoga SMA Nurul Jadid terus bergerak dan semakin Jaya... Semangat...